TREND PERKEMBANGAN IT

Juni 6, 2009 ikacuby

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 . LATAR BELAKANG
Di era globalisasi ini cepatnya penerimaan informasi sangat penting bagi perusahaan-perusahaan agar dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja.Informasi tersebutdapat berupa informasi penjualan, pembelian, keuangan dan sebagainya, yang dibutuhkan oleh user dari suatu perusahaan dari berbagai serverbasis data di mana pun dan kapan pun.
Perusahaan yang memiliki cabang di berbagai tempat dengan jarak yang cukup jauh akan mengalami kesulitan dalam hal ketersediaan data (availability) dari keseluruhan cabang. Jika masing-masing cabang memiliki basis datanya sendiri-sendiri dan tidak terintegrasi antara satu dengan yang lainnya maka analis perusahaan tidak dapat memberikan suatu keputusan yang baik. Belum lagi munculnya masalah di mana adanya kemungkinan server yang gagal atau down yang menyebabkan data tidak dapat diakses oleh user atau bila penuhnya traffic pada jaringan yang menyebabkan jaringan menjadi lambat. Begitu pula halnya dengan sales, mereka akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu transaksi bila data yang dibutuhkan tidak dapat diperoleh atau diakses pada saat itu juga. Padahal sales selalu dalam perjalanan dan tidak selalu terkoneksi dengan basis data server (menggunakan laptop).
Jarak, server dan network merupakan permasalahan dalam pengumpulan atau pelaksanaan transaksi manipulasi data dan query. Hal ini melatarbelakangi kebutuhan perusahaan akan suatu sistem basis data yang dapat memecahkan permasalahan tersebut supaya proses transaksi manipulasi data dan query yang diminta dapat dijalankan dalam waktu yang cepat dan akurat, serta terjamin ketersediaan datanya.
Teknologi sistem data base terdistribusi hadir dalam mengatasi permasalahan di atas. Dengan berkembangnya teknologi ini maka setiap vendor basis data saling bersaing dalam mewujudkan basis data yang terdistribusi pada produk basis data yang dihasilkannya, agar tercipta rasa puas dari para pelanggan. Setiap vendor basis data terdistribusi memiliki solusi replikasi yang dapat digunakan untuk melakukan implementasi sistem terdistribusi.
1.2. RUMUSAN MASALAH
Dalam laporan ini akan dibahas mengenai trend perkembangan hardware, teknologi mulai dari input sampai output dan storage tentang software operating system, software sistem lain dan software aplikasi. Di sini juga akan dibahas mengenai trend teknologi yang digunakan saat ini yaitu teknologi basis data serta teknologi jaringan dan telekomunikasi. Bila mengikuti trend perkembangan teknologi memang sangat pesat. Juga muncul berbagai macam software untuk memudahkan pekerjaan. Untuk dapat mengetahui perkembangan software dan menggunakannya maka kita harus mempelajari software-software tersebut.

1.3. TUJUAN
Tujuan yang ingin saya capai dalam pembuatan laporan ini adalah :
1. Menyelesaikan tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajement.
2. Mempelajari dan mendalami trend perkembangan hardware, software operating system, software aplikasi, dan software sistem yang lainnya.
3. Mempelajari dan mendalami trend teknologi basis data dan teknologi jaringan dan telekomunikasi.

1.4. MANFAAT
Laporan yang dibuat ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran mengenai trend perkembangan hardware, software operating sistem, software aplikasi, dan lain sebagainya serta trend teknologi basis data dan teknologi jaringan dan telekomunikasi.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. TREND PERKEMBANGAN HARDWARE

“VERCOLISH!” – Versatile, Compact and Stylish! Itulah trend paling mencolok dari perkembangan hardware komputer saat ini. Paduan antara teknologi, ke-praktis-an, dan gaya pada seonggok plastik dan logam yang bernama hardware komputer. Bila sepuluh tahun lalu satu teknologi, atau satu model bisa bertahan hingga 3 tahun-an, saat ini periode umur teknologi dan juga modelnya tergolong pendek, bahkan dalam satu tahun bisa mengalami hingga dua-tiga kali. Bagi konsumen yang tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli komputer, tentu ini akan sangat menguntungkannya karena umumnya setiap kali model dengan teknologi baru muncul, yang lama langsung jatuh harganya. Namun bagi kebanyakan konsumen hal ini bisa menjadi sumber kekecewaan karena seolah-olah dipermainkan oleh para industrialis.
Lepas dari hal itu, pola pertumbuhan serta perkembangan teknologi hardware komputer sebenarnya sudah terbaca, dan berdasarkan oleh itu pula, bisa saya paparkan ilustrasi trend-trend-nya untuk tahun 2007-2008.
2.1.1 Personal Computer
Soal PC, jangan pernah anggap enteng komputer rakitan. PC rakitan bahkan berani beri garansi lebih lama daripada yang branded dan karena rakitan, kompatibilitasnya dengan berbagai komponen besutan manufacturer lain sangat tinggi. Perkiraan kasar yang saya dapat dari berbagai media 70% dari pangsa pasar PC nasional adalah PC rakitan. Brand awarness memang tumbuh pesat, namun trend pertimbangan konsumen lebih bergeser ke arah affordability dan functionality, bahkan untuk kelas korporat sekalipun. Faktor pendukungnya adalah bahwa PC rakitan lebih murah, model tak kalah bagus, kalau rusak mudah diperbaiki, dan komponen-nya mudah didapat. Selain itu PC rakitan ‘dianggap’ tidak melawan HAKI atas merek atau model tipe tertentu dari pabrikan yang sudah mapan.

2.1.2 Notebook
Tahun depan notebook akan memiliki standard kelengkapan fasilitas Wi-Fi, Bluetooth & long-life batery (di atas 2 jam) dan untuk memudahkan mobilitas, berat tak bisa lebih dari 2.2 kg dengan layar favorit WXGA (Wide Extended Graphic Array/ layar lebar) ukuran 12 s/d 14.1 inci. Bagi kebanyakan orang layar ukuran 15 inci, apalagi yang bukan wide screen dipandang boros tempat dan tampaknya kurang diminati. Integrated web-cam sudah mulai di-tanamkan pada beberapa merek, dan tampaknya trend dua tahun ke depan akan mirip handphone keluaran terkini yang menanamkan kamera mega-pixel sebagai kelengkapan standard. Perkiraan saya, gabungan pangsa pasar Toshiba dan Acer kemungkinan besar masih akan menguasai pasar notebook branded tahun 2007 (antara 65%-70%), meskipun merek-merek baru keluaran lokal dan Cina sudah mulai unjuk gigi.
2.1.3 Storage Memory
SD-MMC (serta versi mininya) akan tetap menjadi pilihan publik sebagai auxiliary memory (memori eksternal) terfavorit karena kompatibilitasnya dengan berbagai gadgets, kamera digital dan pemutar lagu MP3. Sedangkan tipe thumb-drive atau yang lebih dikenal dengan Flash Disk akan tetap populer sebagai pelengkap PC, baik desktop maupun notebook di tahun-tahun mendatang karena terbukti tahan banting dan mulai dikembangkan untuk bisa menampung data lebih besar dari 2 GB. Awal tahun depan jangan heran bila Flash Disk kelas 512 MB sudah mulai sulit didapatkan, apalagi yang 256 MB. Jangan pula terkecoh dengan garansi ‘seumur hidup’ karena toh rata-rata produk SD-MMC dan Flash Disk itu akan obsolete (berhenti diproduksi) setelah kira-kira 3 tahun, dan dengan demikian garansi secara otomatis hilang setelah obsolete. DVD-RW untuk tahun depan masih akan kesulitan menggerogoti pasar CD-RW karena banyak yang merasa belum membutuhkan burn data hingga 4,7 GB ke dalam satu keping disk. Justru pasar masih menunggu diluncurkannya BlueRay yang berkapasitas antara 20 GB hingga 50 GB per-keping. Penantian ini tampaknya akan segera terwujud tahun depan, dan semester II tahun 2007 kemungkinan besar harga Blue Ray akan menjadi makin kompetitif.
2.1.4 Konektifitas
Kabel akan makin tergusur dari ruang-ruang kantor dan rumah tangga. Transfer data nir-kabel baik itu melalui Wireless LAN maupun fasilitas hotspot akan menjadi trend paling panas tahun 2007. Penyedia hardware pendukung teknologi konektifitas mesti memperhatikan hal ini, karena reliabilitas transfer tanpa kabel sangat rentan terhadap hambatan fisik (misal tembok antar ruang atau antar lantai, interferensi dari gelombang radio liar yang kebetulan berfrekuensi sama atau mendekati sama, dan daya jangkau tansceiver-nya). Jadi hardware yang berkualitas, sedikit mahal tak masalah, akan menjadi incaran para eksekutif IT di perusahaan-perusahaan. External USB Bluetooth Device yang mengklaim berdaya jangkau 100 meter pun pada kenyataannya itu berarti 100 meter tanpa hambatan apapun (misalnya di lapangan atau aula besar). PCMCIA-CDMA atau akan mulai digemari untuk dipasangkan dengan notebook ketimbang HP CDMA dengan kabal data.
2.1.5 RAM
RAM 256 MB akan jadi penghuni museum purbakala. Dengan diintegrasikannya kemampuan grafis dan multimedia tingkat tinggi yang menuntut memori lebih besar, prediksinya tahun 2007 adalah bahwa di setiap Notebook dan PC standard minimum RAM adalah 512 MB bahkan bila Windows VISTA jadi diluncurkan awal tahun depan, maka RAM 1 GB dan expandable hingga 2 GB adalah harga mati. Mainboard yang mendukung hal itu pun kemungkinan besar akan muncul tahun depan.
2.1.6 Processor
Untuk server, Intel Xeon atau AMD Opteron dengan minimum 2 GB Standard Memory dengan clock speed min 2.6 GHz akan menjadi pilihan perkantoran menengah ke atas yang memerlukan tak hanya reliabilitas processing bagi sistem ERP mereka, tetapi juga bagaimana data-data bisa diakses secara serentak tanpa ada gangguan kecepatan akses yang berarti. Prediksi saya, standard memori minimum 2 GB yang expandable sampai 12 GB masih akan bertahan karena faktor harga yang relatif stabil dan juga reliabilitas. Chipset 2.6 s/d 3.0 GHz yang tertanam dalam processor sekelas Intel Xeon (dual CPU) kemungkinan besar belum akan berevolusi. Sedangkan untuk PC desktop dan notebook, prosesor sekelas Dual Core dan Core2Duo akan menjadi standard notebook yang kemungkinan besar pada semester kedua 2007 sudah menjadi semacam ‘kebutuhan pokok’ yang karena diproduksi massal harganya tak jauh beda dengan yang single-core.
2.1.7 Hardware lain dan Accessories
Tampaknya LCD monitor mulai menggeser monitor tabung (CRT) karena harganya semakin murah, bahkan ada yang di bawah 2-jutaan untuk layar 15 inci. Beberapa LCD monitor telah diintegrasikan dengan multimedia speaker dan web-cam berkualitas baik. Bersiap-siaplah untuk booming permintaan pada semester dua tahun depan, karena umumnya paruh kedua tiap tahun adalah siklus global dimana teknologi baru mulai diwacanakan dan purwarupanya (prototype) sudah di-launching.
2.1.8 Trend bisnis
Vercolish! Vercolish! And Vercolish! Versatile (mudah diubah-suai), Compact (ringkas) dan Stylish (penuh gaya). Bahkan asesoris pun sudah bergeser ke arah estetika desain, jadi bukan sekedar fungsionalitas saja. Apple Macintosh sudah merintisnya sejak belasan tahun lalu dengan menggabungkan teknologi dan gaya. Ini bukan soal konsumen yang pelit belanja komputer, tapi soal selera. Bila kita tahu bahwa konsumen punya selera, tak ada yang menghentikan mereka untuk bahkan berhutang demi membeli hardware yang harganya selangit.

2.2. SOFTWARE OPERATING SYSTEM

Penggunaan software (perangkat lunak) semakin meningkat seiring penggunaan komputer yang meningkat pesat. Software yang telah terinstalasi pada komputer pada umumnya menggunakan sistem operasi (operating system) dan aplikasi windows yang mudah didapat dipasaran dan telah disediakan oleh penjualnya baik yang bersifat lisensi (terinstalasi pada komputer branded) maupun yang bersifat illegal (terinstalasi pada komputer jenis rakitan). Dengan adanya Surat Edaran dari Menkominfo tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak Legal di Lingkungan Instansi Pemerintah tanggal 24 Oktober 2005, maka seluruh komputer/desktop yang tidak berlisensi harus menggunakan software yang legal atau migrasi dari software ilegal ke software yang legal. Saat ini software legal telah tersedia namun untuk sementara dikhususkan bagi instansi pemerintah. System dari software ini adalah dapat dibuka dan dikembangkan oleh siapa saja (open source system) karena source programnya berbasis Linux. Saat ini software tersebut telah dikembangkan oleh beberapa instansi baik pemerintah maupun swasta agar dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh pengguna baik untuk kegiatan perkantoran (office) maupun untuk kegiatan teknis yang lebih spesifik.
Pemanfaatan komputer oleh pengguna sebagai alat bantu dalam melaksanakan tugasnya baik untuk kegiatan administratif maupun teknis terus berkembang dengan pesatnya. Dari waktu ke waktu perubahan yang terjadi pada perangkat keras komputer semakin cepat disertai teknologi yang semakin tinggi. Begitupun dari sisi harga yang semakin murah memungkinkan setiap orang dapat membelinya dengan harga yang semakin terjangkau. Komputer yang dipasarkan umumnya terbagi dalam dua jenis yaitu komputer rakitan adalah komputer desktop yang dirakit disuatu tempat sesuai dengan pesanan dan permintaan pengguna dimana spesifikasinya ditentukan oleh pengguna. Sedangkan komputer branded/trade mark adalah komputer yang telah mempunyai merek terkenal yang telah siap/jadi hanya tinggal pakai. Salah satu perbedaan antara komputer yang dirakit (rakitan) dengan komputer branded yaitu ketersediaan perangkat lunak didalamnya baik sebagai sistem operasi (operating system/OS) maupun aplikasi yang menyertai OS tersebut. Selain itu dari segi harganya lebih murah sedangkan komputer yang telah jadi (branded) biasanya komputer dengan merek yang ternama telah tersedia (include) perangkat lunak tersebut sehingga harga tentunya lebih mahal.
2.2.1. Perang Operating System
Jika kita melakukan kilas balik sejarah OS, kita perlu mundur kurang lebih 50 tahun yang lalu.Apakah ada OS, maka kemudian ada mesin komputer? Ternyata tidak, sebuah mesin dapat berjalan tanpa adanya OS, sebuah program dapat langsung dijalankan pada sebuah mesin. Setidaknya itu cara kerja yang banyak terdapat pada jaman mulai dikembangkannya komputer sekitar tahun 1950 (yang juga disebut dengan abstraksi hardware). Tidak perlu susah-susah membayangkannya, contoh sederhana adalah CMOS Setup, yang merupakan program yang berjalan tanpa memerlukan OS. Kemudian IBM mulai memperkenalkan komputer mainframe dengan OS OS/360 pada masa tahun 1960-an. Diikuti dengan Unix yang dikembangkan pada tahun 1969 oleh sebuah grup karyawan dari AT & T.
Lompatan besar ditandai dengan OS PC-DOS dan MS-DOS oleh IBM dan Microsoft, seiring dengan penggunaan komputer desktop yang semakin luas. Menambah panasnya kompetisi, Apple Macintosh (sekarang Apple Inc) mengeluarkan Mac OS. Sementara OS Unix melahirkan pengembangan pengembangan baru, terutama pada tahun 1991 ketika Linus Torvalds memperkenalkan Linux.Microsoft sendiri secara konsisten terus mengeluarkan OS berbasis Windows, dengan produk produk fenomenal seperti Windows 98, Windows NT, Windows XP, dan seterusnya. Hingga akhirnya, hari ini Anda mendapatkan pilihan OS yang cukup beragam, dan pilihan-pilihan tersebut bisa jadi semakin bertambah pada masa yang akan datang.

2.2.2. Operating System.
OS merupakan software yang tidak sekedar software, karena OS menjadi ibu software-software lain yang berjalan di dalamnya. Singkatnya OS membentuk suatu platform agar aplikasi-aplikasi dapat berjalan di atasnya.
Tugas OS adalah mengelola resource, secara umum terbagi atas:
1. Pengelolaan Proses.
Setiap program yang berjalan di dalam komputer (baik berupa service atau aplikasi) merupakan suatu proses. OS mengelola eksekusi proses-proses yang terjadi secara multitasking.
2. Pengelolaan Memory.
Secara hirarkis, pemrosesan tercepat pada sistem komputer dilakukan di register, lalu CPU cache, Random Access Memory (RAM), dan terakhir adalah pada disk storage. Semuanya merupakan jenis memory yang harus dikelola OS. Perhatikan bahwa disk storage juga merupakan salah satu jenis memory, karena dapat digunakan sebagai virtual memory yang menangani proses-proses yang berjalan.
3. Disk dan Sistem File.
Pengelolaan file dan directory di dalam disk drive termasuk salah satu tugas penting OS. Pada OS keluarga Unix, penamaan file dan directory adalah case sensitive atau membedakan penggunaan huruf besar dan kecil, contohnya nama file surat.txt dan Surat.Txt dalam satu directory diperkenankan, dan merupakan dua file yang berbeda.
Hal ini tidak diperkenankan dalam OS Windows, di mana penamaan file dan directory adalah case insensitive, Windows juga tidak memperbolehkan serangkaian karakter tertentu untuk penamaan fi le dan directory, mi salnya seperti karakter “?”, “*”, “”, dan seterusnya.
Perbedaan ini cukup mendasar untuk dipahami saat Anda menggunakan OS yang berbeda dari sebelumnya, misalnya saat Anda mengganti OS yang digunakan oleh web server dan melakukan migrasi file, pastikan file-file yang digunakan telah kompatibel dan sesuai dengan OS yang baru. Jika tidak, maka Anda harus melakukan penyesuaian nama file. Sistem file (file system) merupakan salah satu perbedaan yang juga mendasar pada sistem operasi yang tersedia, sistem file merupakan sebuah metode untuk menyimpan dan mengorganisasi file agar dapat diakses de ngan mudah.
Contoh sistem file yang popular adalah NTFS yang merupakan sistem file standar untuk Windows NT, termasuk versi-versi Windows di atasnya seperti Windows 2000, Windows XP, hingga Windows Vista.
Contoh lainnya adalah ext2 dan ext3, yang merupakan sistem file untuk kernel Linux. Kebanyakan distribusi Linux mendukung sistem file ext2, ext3, ReiserFS, GFS, NILFS, FAT, XFS, JFS, NTFS, dan lain sebagainya. Mac OS X mendukung HFS+ sebagai sistem file utamanya. HFS+ merupakan pengembangan dari Hierarchical File System dari MAC OS versi awal. Mac OS X memiliki fasilitas untuk membaca dan menulis dalam sistem file lain seperti FAT, NTFS, dan lain-lain.
4.Jaringan.
Pada awal dikenalnya PC masalah jaringan bukanlah hal penting, tetapi saat ini sebuah komputer rasanya tidak lengkap tanpa adanya network card yang terpasang, ditambah lagi dengan penggunaan jaringan wireless yang praktis dan semakin banyak digunakan. Karena itu sebuah OS dewasa ini harus mampu menangani jaringan dengan dukungan berbagai macam protokol jarringan yang tersedia, terutama protokol TCP/IP yang saat ini paling banyak digunakan.
Dengan adanya jaringan juga memungkinkan komputer yang walaupun berbeda OS dapat berkomunikasi satu sama lain dan melakukan sharing resource.
5. Security.
Erat kaitannya dengan jaringan, maka security juga merupakan hal penting yang harus dimiliki OS. Hal ini diakibatkan karena dengan adanya jaringan semakin mempermudah proses komunikasi dan distribusi file antarkomputer.
Dapat diibaratkan dengan adanya jaringan, maka komputer Anda seperti rumah dengan pintu dan jendela yang terbuka agar tamu dapat masuk berkunjung. Dalam keadaan seperti itu, perlu dijaga dari sisi keamanan agar tidak kedatangan tamu tak diundang, misalnya dengan memasang kawat nyamuk untuk mencegah nyamuk masuk. Implementasi “kawat nyamuk” ini di dalam OS dapat berupa otentifi kasi user, hak akses resource, penanganan port, dan firewall. Salah satu pendapat yang keliru menyangkut masalah security adalah kekebalan OS terhadap virus, jika saat ini mayoritas virus menyerang OS Windows, tidak berarti OS lain tidak dapat terkena virus.
Pada prinsipnya, virus sama dengan software biasa, karena itu jika virus diciptakan sesuai dengan target OS tertentu, maka jadilah virus tersebut sebuah aplikasi yang berjalan pada OS yang dituju, entah OS tersebut adalah Linux, Mac OS X, Windows, ataupun OS lainnya.
Lalu mengapa virus lebih banyak menyerang OS Windows? Hal ini tidak lepas dari market OS pada komputer desktop yang saat ini didominasi Windows, tetapi juga tidak dapat dipungkiri sistem operasi seperti Unix/Linux memiliki environment yang relatif lebih susah ditembus oleh virus, walau tidak berarti dijamin bebas virus.

6.Grafik.
Bagi banyak pengguna komputer, Graphical User Interface (GUI) menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini tidak mengherankan karena GUI merupakan media interaksi antara manusia dan komputer, analoginya sebagaimana binatang peliharaan yang ramah tentu lebih disukai ketimbang binatang peliharaan yang penampilan luarnya tidak bersahabat. Momok tidak bersahabat juga pernah dialami OS Unix/Linux dan keluarganya terutama jika dibandingkan dengan OS Windows, tampilan Unix/Linux dirasakan kurang bersahabat bagi end user pada masa lalu, tetapi saat ini kebanyakan distro Linux telah memiliki GUI memikat. Mac OS X sendiri telah membuat terobosan besar pada tahun 2001 dengan perubahan inovatif dan dramatis pada GUI dari Mac OS ke Mac OS X.
7. Device Driver.
OS boleh berbeda, tetapi hardware yang digunakan bisa jadi sama. Agar hardware tersebut dapat dikenali pada OS, diperlukan device driver. Jadi device driver merupakan software agar sistem dapat berinteraksi dengan hardware, tidak semua device driver disediakan oleh OS, tetapi device driver umumnya disediakan oleh vendor hardware yang digunakan.
2.2.3. Kernel
Istilah kernel sering digunakan pada OS Unix/Linux dan keluarganya, tetapi sebenarnya kernel digunakan dan terdapat dalam setiap OS. Apa yang disebut kernel itu sendiri merupakan komponen pusat yang menghubungkan antara software aplikasi dan hardware komputer. Di dalam OS, kernel merupakan core atau intinya. Secara arsitektur desain, kernel dibagi atas:
1. Monolithic Kernel.
Mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel serta menyediakan lapisan abstraksi hardware secara penuh.
2. Microkernel.
Menyediakan sedikit fungsi dari abstraksi hardware dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya (server) untuk melakukan beberapa fungsi lainnya.
3. Hybrid Kernel.
Microkernel yang dimodifi kasi, dengan tambahan fungsi-fungsi untuk meningkatkan performa.
4. Exokernel.
Menyediakan abstraksi hardware secara minimal, sehingga program dapat mengakses hardware secara langsung.
2.2.4. Windows
Keluarga OS Microsoft Windows merupakan OS yang popular untuk komputer desktop, dan juga dapat digunakan sebagai server, seperti web server ataupun database server. Kelahiran Windows diawali dengan OS MS-DOS, jika Anda termasuk orang yang dulu sering menenteng disket berukuran 5,25 inch tentu pernah mengalami masa-masa membawa OS MS-DOS di dalam sebuah disket. Windows sendiri pada awalnya bukan merupakan OS, Windows versi 1.0, versi 2.x, dan versi 3.x, merupakan software 16 bit tambahan yang berjalan di atas OS MS-DOS atau variannya.
Versi selanjutnya Windows seperti Windows NT mulai merupakan OS secara penuh yang tidak tergantung lagi pada sistem operasi MS-DOS.
Dengan berbasis kernel Windows NT inilah, Windows terus dikembangkan menghasilkan Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, dan Windows versi yang akan datang yang saat ini disebut dengan Windows 7.
2.2.5. Unix/Linux
OS keluarga Unix/Linux popular digunakan sebagai server dalam dunia bisnis, dan sebagai workstation dalam dunia pendidikan dan lingkungan engineering. Untuk penggunaan sebagai komputer desktop, OS Linux popular di kalangan developer dan beberapa komunitas. Beberapa varian Unix lainnya didesain berjalan hanya pada hardware vendor tersebut seperti AIX yang berjalan pada mesin IBM, dan HP-UX yang berjalan pada mesin Hewlett Packard. Varian lainnya seperti Solaris, dapat berjalan pada beragam jenis hardware, termasuk x86 dan PC. Tersedia beragam distribusi (atau sering disebut distro) Linux, yang merupakan keluarga Unix. Beberapa pilihan distro adalah Red Hat, SuSE, Fedora, Ubuntu, Knoppix, dan lain sebagainya. Beberapa distro merupakan turunan dari distro lain. Mac OS X Dikeluarkan oleh Apple Inc, Mac OS X v10.5 dikenal dengan nama Leopard. Awalnya dikenal dengan nama Mac OS (tanpa X) yang diperkenalkan kali pertama pada tahun 2001. Karakter “X” sendiri berarti angka 10 dalam penomoran Romawi, yang dimaksudkan sebagai generasi penerus Mac OS versi sebelumnya yang dikenal dengan Mac OS 8 dan Mac OS 9. Tetapi, juga bukan kebetulan kalau Mac OS sebenarnya berbasis Unix karena menggunakan kernel BSD. Hal yang popular dalam Mac OS adalah tampilan GUI yang memikat, OS ini sendiri hanya diperuntukkan berjalan pada komputer Macintosh.
2.2.6. Embedded System
Jenis OS lainnya adalah embedded system, yaitu sistem komputer yang didesain secara khusus untuk keperluan tertentu. Pada embedded system yang sederhana, tidak ada perbe-daan antara sistem operasi dan aplikasi. Sebuah contoh embedded system adalah perangkat keras router, yang dilengkapi dengan elemen-elemen seperti micro-processor, RAM, dan flash memory di dalamnya.
2.2.7. Lain-Lain
Jenis OS lainnya adalah Novell Netware, sebenarnya Novell bukanlah 100 persen sebuah OS, karena Novell berjalan di atas OS Novell DOS (mirip dengan MS-DOS atau PC-DOS). OS lainnya yang masih digunakan dalam skala kecil adalah OS/2 dari IBM. Perkembangan OS terus berlanjut hingga saat ini, sebuah proyek dari Microsoft Research adalah mengembangkan OS dengan kemampuan memory protection, OS ini dinamakan Singularity. Dari keluarga Unix/Linux, sedang didesain GNU Hurd dengan arsitektur microkernel.
OS sebagai sebuah bisnis software yang paling vital bagi pengguna komputer saat ini tidak pelak lagi merupakan sebuah bisnis dengan persaingan yang ketat. Kita kembali pada permasalahan di awal artikel, yaitu OS apa yang paling cocok untuk diinstal, dengan adanya berbagai pilihan OS dan ketatnya kompetisi? Permasalahan OS memang tidak terbatas menginstal dan mengganti OS, kecuali jika memang sudah menjadi tujuan Anda melakukan riset OS atau sekadar hobi. Tetapi untuk penggunaan jangka panjang, harus ada sederet pertimbangan penting dan krusial yang harus dipikirkan. Beberapa pertimbangan antara lain adalah:
1. Kegunaan.
Kita akan mengambil sebuah contoh sederhana, seorang mahasiswa memutuskan untuk membeli komputer agar dapat berlatih dan mengerjakan tugas-tugas kuliah. Dalam hal ini, kegunaan atau fungsi komputer dan OS untuk mahasiswa tersebut tentunya harus disesuaikan dengan lingkungan kampus. Kegunaan yang berbeda mungkin akan terjadi jika seseorang bergerak di bidang desain dan grafik memutuskan membeli komputer, barang kali akan dibutuhkan GUI yang memikat. Sementara jika Anda membutuhkan seperangkat komputer dan OS dengan tingkat security yang tinggi seperti pembangunan web server, maka Anda akan fokus dengan hal-hal yang terkait dengan keamanan, patch, dan ancaman-ancaman dari luar.
2. Biaya.
Kegunaan harus juga disesuaikan dengan biaya atau budget yang tersedia. Biaya tidak hanya diperhitungkan dalam jangka pendek seperti pembelian hardware dan software, tetapi juga untuk jangka panjang. Misalnya berapa biaya perawatan, pergantian, upgrade, training jika diperlukan, dan lain sebagainya.
3. Pengguna.
Siapapun yang menggunakan OS dan komputer, pada awalnya selalu memerlukan proses belajar. Mungkin bukan suatu permasalahan jika penggunanya hanya satu atau beberapa orang, tetapi bayangkan sebuah kantor dengan ratusan karyawan tiba-tiba harus menggunakan OS dan aplikas yang baru. Adaptasi pengguna menimbulkan permasalahanwaktu yang digunakan untuk proses belajar dan adaptasi, tidak sebatas menggunakan, tetapi juga bagaimana menangani permasalahan-permasalahan yang dapat terjadi padalingkungan OS yang baru.
4. Dukungan.
Bagi vendor dan pengembang OS, dukungan merupakan tugas vital yang perlu dipertahankan agar pengguna tetap merasa terjamin untuk terus menggunakan OS. Dukungan juga diperlukan dari pengembang-pengembang software, software dengan dukungan berbagai OS tentu memilik pangsa pasar yang lebih luas. Jelaslah bahwa memilih OS yang baru, entah dengan maksud membangun sistem dari awal ataupun migrasi, bukanlah ha mudah terutama untuk skala yang cukup besar. Tetapi dengan memahami OS dan pilihan-pilihannya, Anda telah memiliki dasar yang kuat untuk menentukan OS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada juga kalanya Anda memutuskan harus menggunakan dua atau lebih OS, pemecahannya bisa dengan menggunakan dua atau lebih unit komputer, ataupun menginstal dua atau lebih OS di dalam satu mesin komputer. Salah satu penyedia virtualization software adalah Vmware, yang mengizinkan Anda menginstal dan menjalankan berbagai OS pada satu fisik mesin komputer yang sama.
Tentu saja terdapat konsekuensi yang harus dibayar untuk mewujudkan hal tersebut, misalnya spesifikasi hardware yang relatif tinggi, dan kenyamanan Anda dalam menggunakan berbagai OS di dalam komputer yang sama.
2.2.8. OS (Operating System) Pada Komputer
Dalam Ilmu komputer, Sistem Operasi (SO, atau dalam bahasa Inggris: Operating System atau OS) adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall.
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel,yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS.
Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.
Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.
Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program tersebut dengan program yang lain.
2.2.9. Sistem Operasi Saat Ini
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows yang Vista akan dirilis pada tahun 2007)).
2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
2.2.10. Proses
Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).
2.2.11. Status Proses
Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
1.Ready,yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya.
2.Running,yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor.
3.Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas.

2.3. SOFTWARE APLIKASI
2.3.1. Aplikasi dan Software Untuk Computer yang Terhubung Internet
Untuk Komputer/Notebook yang selalu terhubung ke Internet ada beberapa software/plugin yang rasanya wajib di miliki. Software dan plugin2 ini kadang sering dilupakan, dan bahkan ada sebahagian orang yang tidak mengetahui kegunaannya. Jika tahupun terkadang tidak tahu download dimana.
Di bawah ini adalah beberapa software yang rasanya harus dimiliki pada komputer yang sering terhubung ke Internet dan para pengguna yang memanfaatkan notebook/pc untuk bermain Internet :
2.3.1.1. Internet Browser :
Internet Browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk dapat browsing dan surfing ke website-website yang ada didunia melalui Internet. Jadi browser adalah aplikasi yang wajib ada. Browser yang bagus dan menyenangkan adalah browser yang dapat mengoptimalkan kerja kita ketika sedang browsing. Dan mempunyai Feature2 yang bagus. Contohnya yaitu : Mozilla FireFox, Opera, dan Google Chrome
2.3.1.2. Plugins, Players and Runtime Environment :
Adobe Flash Player : Dengan ini kita dapat menjalankan sebuah content yang berisi video pada halaman websitenya. Seperti contohnya adalah layanan video Youtube atau nonton TV Online dari d60pc. Tanpa Adobe Flash Player anda tidak dapat menjalankannya.
NET FrameWork : Memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft seperti C # atau Visual Basic. Salah satunya software yang hanya dapat dijalankan pada computer yang sudah terinstal .NET Framework adalah Speed Connect Internet Accelerator v75 yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kecepatan Koneksi Internet kita.
Silver Light : adalah salah satu web browser plugin yang bersaing dengan tekhnologi seperti Adobe Flash Player. Meski saat ini belum banyak yang situs yang menggunakan tekhnologi SilverLight, tapi tidak ada salahnya jika dari sekarang kita menginstallnya. Karena dalam waktu dekat ini pasti akan banyak situs yang menggunakan teknologi ini.
2.3.1.3 Downloader
Download Manager/accelerator adalah software yang dapat meningkatkan kecepatan download ketika kita sedang mengunduh sesuatu di internet. Dan lalu dapat mengelolanya secara baik. Berdasarkan ujicoba dan pengalaman2 selama ini, jika kita download sesuatu file di internet menggunakan Download Manager dapat meningkatkan Kecepatan Download sampai beberapa kali lipat dibandingkan jika medownloadnya dengan menggunakan default dari browser kita.
Internet Download Manager (IDM) : software download manager ini yang sangat saya rekomendasikan untuk digunakan. Cara kerja praktis, ringan, simple dan dapat Meningkatkan KecepatanDownload.
2.3.1.4. File Archivers
Salah satu contoh software File Archivers adalah WINRAR. Software ini perlu kita miliki karena biasanya software yang tersedia di Internet yang dapat didownload tersedia dalam format yang sudah terkompresi yaitu .rar ataupun .zip. Jadi untuk mengekstraknya diperlukan software WINRAR.
2.3.1.5. Sistem Tweak and Optimasi Peralatan
Agar sistem dalam OS kita dapat selalu optimal maka kita perlu untuk selalu menjaganya. Apalagi ketika kita sering bermain internet. Tentu akan banyak sampah yang terkadang tanpa kita ketahui masuk ke system kita. Untuk kita perlu membersihkan dan menjaganya agar dapat optimal.Saya merekomendasikan CCleaner dan TuneUp Utilities. Karena 2 software ini tidak memberatkan kinerja komputer kita, namun memiliki sangat banyak Fungsi.
2.3.1.6. Security / Anti Virus
Ini yang mungkin sangat perlu kita miliki. Di internet tentu akan sanga banyak Virus, trojan, spywara, worm dan lain-lain yang akan sangat membahayakan. Untuk itu kita perlu menjaga Computer kita dari ancaman-ancaman yang membahayakan tersebut.

2.4. SISTEM SOFTWARE LAINNYA
2.4.1. Language Software
Language software dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Assembler
2. Compiler
3. Interpreter
A.Assembler
Assembler merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan (assembly language) atau bahasa pemrograman simbolik (symbolic programming language) menjadi bahasa mesin. Dengan bahasa simbolik, masing-masing op-code dalam bahasa mesin tidak ditulis dalam bentuk bilangan binary, tetapi dengan suatu kode simbolik singkatan tertentu yang disebut mnemonic.Instruksi program yang ditulis dengan mnemonic akan diterjemahkan ke dalam bentuk bilangan binary bahasa mesin dengan menggunakan assembler.Program yang ditulis dengan bahasa simbolik tersebut disebut dengan source program (program sumber) dan hasil terjemahannya ke dalam bahasa mesin disebut object program (program obyek).
Langkah-langkah cara pembuatan source program dalam bahasa assembly sampai menjadi executable program dengan extention.COM, sebagai berikut:
1. Membuat source program
Source program dibuat dengan menggunakan service yangdisediakan oleh OS, yaitu text editor atau dapat menggunakan program paket pengolah kata. Pada PC-DOS atau MS-DOS disimpan dengan nama file EDLINE.COM.
2. Membuat source program menjadi object program
Hasil dari proses ini akan disimpan dengan file .OBJ.
3. Membuat object program menjadi executable program Object program belum dapat dijalankan. Supaya dapat dijalankan harus berupa executable program.Untuk membuat menjadi executable program dari object program dapat digunakan program service yang disediakan oleh OS, yaitu linkage editor atau linker.
Pada PC-DOS atau MS-DOS, program linker ini disimpan di disk dengan nama file LINK.EXE.Hasil executable program disimpan di file .COM.
4. Menjalankan executable program
Executable program dapat langsung dijalankan dengan meniliskan nama filenya.
Pada program assembly, setiap instruksi merupakan sebuah instruksi dibahasa mesin. Kemungkinan sekumpulan instruksi yang sama di program assembly akan ditulis berulang-ulang untuk maksud yang sama. Hal ini menimbulkan pemikiran untuk mengembangkan suatu macro instruction (instruksi makro), yaitu sebuah instruksi yang mewakili beberapa instruksi sekaligus. Extention yang menunjukkan file pustaka makro yaitu .MAC.
B. Compiler
Walaupun penulisan program dengan bahasa simbolik lebih mudah dibandingkan dengan penulisan program dengan bahasa mesin, tetapi masih tetap sulit, dikarenakan :
1. Penulis program harus mengetahui susunan serta fungsi dari masing-masing register di processor.
2. Harus mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang dipergunakan.
3. Harus mengetahui fungsi-fungsi yang disediakan oleh OS dan sebagainya.
C. Interpreter
Interpreter juga merupakan program untuk menterjemahkan program yang ditulis dengan bahasa tingkat tinggi menjadi bahasa mesin.
2.5. TEKNOLOGI BASIS DATA
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
2.5.1. Desain Database
• Model data Entity-Relationship (E-R) memungkinkan kita menggambarkan konteks objek dan hubungannya, dan digunakan secara luas untuk mengembangkan desain database awal.
• Model data tersebut dinamakan juga sebagai Diagram E-R (ERD).
2.5.2. Komponen Model E-R
• Entitas
Orang, tempat, objek, event, konsep.
• Tipe Entitas
Kategori / kelas untuk instan entitas sejenis. Biasanya dipresentasikan sebagai suatu Tabel.
• Instan Entitas
Individu anggota suatu entitas, misalnya Andi, Rudy (orang), Jakarta, Surabaya (Kota), dsbnya. Biasanya direpresentasikan sebagai baris data dalam suatu tabel (Record).
• Atribut
Ciri dan Karakteristik suatu tipe entitas. Biasanya direpresentasikan sebagai kolom data dalam suatu tabel (Field).
• Instan Hubungan
Hubungan antar entitas. Biasanya direpresentasikan dengan nilai atribut (key) yang sama dalam tabel – tabel yang merepresentasikan entitas.
• Tipe Hubungan
Kategori hubungan antar entitas (satu-ke-satu, satu-ke-banyak, banyak-ke-banyak).
2.5.3. Entitas
• Yang merupakan Entitas
– Suatu objek yang memiliki beberapa instan di database.
– Suatu objek yang memiliki beberapa atribut.
– Yang menjadi Objek pemodelan.
• Yang bukan Entitas
– Pengguna database tersebut (End User).
– Output dari sistem database (misalnya laporan).
2.5.4. Atribut
• Merupakan ciri atau karakteristik suatu tipe entitas.
• Klasifikasi Atribut
– Atribut Sederhana dan Komposit.
– Atribut Bernilai Tunggal dan Bernilai Banyak.
– Atribut Tersimpan / Tercatat dan Derivat.
– Atribut Identitas / Pengenal.
1. Atribut Identitas (Key)
• Merupakan atribut (atau sekumpulan atribut) yang secara unik mengidentifikasi masing-masing instan dari suatu tipe entitas.
• Macamnya : Key Sederhana dan Key Komposit
• Kandidat Key
Atribut yang dapat dijadikan sebagai Key, yaitu memenuhi persyaratan untuk menjadi Key Identitas.
Karakteristik Key Identitas :
• Nilainya tidak akan berubah.
• Tidak bernilai Null (Kosong).
• Nilai bersifat unik.
2.5.5. Hubungan
• Tipe Hubungan
Digambarkan sebagai belah ketupat dengan garis yang menghubungkan tipe – tipe entitas.
• Instan Hubungan
Menghubungkan instan – instan entitas spesifik.
• Dua entitas dapat memiliki lebih dari satu tipe hubungan antar mereka (Hubungan Majemuk).
• Ada juga Entitas Asosiatif, yaitu gabungan antara hubungan dan entitas.
Hubungan dengan Atribut :
Mendeskripsikan hal – hal yang berkenaan dengan asosiasi antar entitas dalam hubungan tersebut.
Derajat Hubungan :
Derajat suatu Hubungan adalah jumlah tipe entitas yang terlibat di dalamnya, macamnya :
• Hubungan Unary
• Hubungan Binary
• Hubungan Ternary
Kardinalitas Hubungan :
• Satu-ke-Satu
Setiap entitas dalam hubungan memiliki satu dan hanya satu entitas pasangan.
• Satu-ke-Banyak
Satu entitas di satu pihak dalam suatu hubungan dapat memiliki beberapa pasangan di pihak lawannya, tetapi entitas di pihak lawannya hanya boleh memiliki maksimum satu pasangan.
• Banyak-ke-Banyak
Entitas – entitas di masing – masing sisi dari hubungan dapat memiliki beberapa pasangan di sisi yang lain.
Konstrain Kardinalitas :
• Merupakan batasan jumlah instan dari satu entitas yang dapat atau harus berasosiasi dengan setiap instan dari entitas yang lain.
• Kardinalitas Minimum
– Jika Nol, berarti Optional (Tidak Wajib)
– Jika Satu atau lebih, berarti Wajib
• Kardinalitas Maksimum
– Jumlah maksimum
2.5.6. Entitas Kuat dan Lemah
• Entitas Kuat
– Eksistensinya tidak tergantung pada entitas – entitas lain.
– Memiliki atribut identitas (bernilai unik) sendiri.
– Digambarkan sebagai kotak bergaris tunggal.
• Entitas Lemah
– Eksistensinya tergantung dari suatu entitas kuat.
– Tidak memiliki atribut identitas (yang bernilai unik).
– Digambarkan sebagai kotak bergaris ganda.
Hubungan Identifikasi :
• Menghubungkan entitas – entitas kuat dengan lemah.
• Digambarkan dengan belah ketupat bergaris ganda.
Entitas Asosiatif :
• Merupakan suatu Entitas yang memiliki atribut – atribut
• Juga merupakan suatu Hubungan yang menghubungkan dua entitas.
Karakteristik Entitas Asosiatif :
• Entitas Asosiatif dapat memiliki makna baru yang tidak tergantung pada entitas – entitas yang berhubungan dengannya.
• Entitas Asosiatif sebaiknya memiliki atribut pengenal unik, di samping atribut – atribut yang lain.
• Hubungan Banyak-ke-Banyak sebaiknya dikonversi menjadi Entitas Asosiatif.
• Hubungan Ternary sebaiknya dikonversi menjadi Entitas Asosiatif.
Contoh Entitas Asosiatif :
Sertifikat dan Struktur Bill of Material.
Saat ini beberapa vendor basis data telah menciptakan teknologi basis data terdistribusi yang telah
beredar di pasaran software, di antaranya:
a. Microsoft dengan SQL Server, yang hanya dapat dijalankan pada sistem
operasi berbasis Windows.
b. Oracle Server, yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, LINUX
dan UNIX.
c. IBM DB2, yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, LINUX,
UNIX dan OS/2.
d. Sybase Adaptive Server, yang dapat dijalankan pada operasi Windows,
LINUX dan UNIX.
Dengan banyaknya produk basis data maka diperlukan suatu penelitian
dan perbandingan teknologi antar produk tersebut sesuai dengan kebutuhan
perusahaan.
2.6. TEKNOLOGI JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI
2.6.1. LAN ( Local Area Network )
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet. Komputer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi dengan protokol TCP/IP, karena menggunakan bahasa yang sama perbedaan jenis komputer dan sistem operasi tidak menjadi masalah. Komputer PC dengan sistem operasi Windows dapat berkomunikasi dengan komputer Macintosh atau dengan Sun SPARC yang menjalankan solaris. Jadi, jika sebuah komputer menggunakan protokol TCP/IP dan terhubung langsung ke internet, maka komputer tersebut dapat berhubungan dengan komputer di belahan dunia mana pun yang juga terhubung ke internet.Ciri-ciri jaringan komputer:
1. Berbagi perangkat keras (hardware).
2. Berbagi perangkat lunak (software).
3. Berbagi saluran komunikasi (internet).
4. Berbagi data dengan mudah.
5. Memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation.
LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan Software, yaitu:
1. Komponen Fisik
Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologi jaringan.
2. Komponen Software
Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.
2.6.2. Perkembangan Internet
Internet saat ini benar-benar telah merubah cara pandang dan hidup manusia, dari hanya melakukan kirim surat, membaca surat, mendownload dan upload file ke web, sampai dengan melakukan transaksi perbankan yang saat ini bisa dilakukan dengan ”one click”. Belum lagi dengan perkembangan koneksi Broadband Internet yang cepat yang semakin mendukung content-content web 2.0 dan content yang ”honger” dengan bandwidth seperti Video/Radio Streaming, Telecomutters, dan lain-lain.
Internet adalah sebuah jaringan yang sangat besar yang mengkonesikan computer dan server diseluruh dunia dalam satu jaringan yang terpusat. Dengan Internet kita dapat mengakses data dan informasi kapan saja dan dimana saja. Dengan internet dapat membuat bias jarak, ruang dan waktu yang merupakan suatu jaringan komunikasi tanpa batas yang melibatkan jutaan komputer yang tersebar diseluruh dunia.
2.6.3. Penggunaan Internet
Ada beberapa alasan mengapa Internet sangat cepat perkembangannya yang melebihi perkembangan teknologi lainnya seperti perkembangan radio, tv, dan Handphone, yaitu:
1. Tidak tergantung pada suatu teknologi dan bersifat cross platform,
2. Biaya yang dibutuhkan relatif murah,
3. Teknologi Protocol yang semakin berkembang,
4. Aplikasi / content yang semakin beragam,
5. Mengakses informasi dapat kapan saja dan dimana saja,
Ada banyak sumber daya di intenet, kalau kita bicara Internet ada banyak sekali sumber daya yang dapat dimanfaatkan di Internet baik berupa content, aplikasi atau suatu system, diantaranya adalah E-Mail, newgroups, chating, phone call, Internet telephony (VOIP), real player streaming, internet radio broadcasting, streaming video, video conferencing, dsb.
2.6.4. Wi-Fi HotSpot
HotSpot bukan kata yang ”ditakuti” pada saat kemarau tiba di Indonesia, karena menghasilkan asap yang terekspor ke negara tetangga, tetepi HotSpot Kata kuncinya adalah Mobile Communications, dimana saat ini dikenal era Broadband Connections, adalah sebuah koneksi yang mencapai 384 kbps sampai dengan 1,5 Mbps yang tidak lagi harus menunggu lama dengan koneksi seperti dial-up terdahulu, dan kecenderungan para pengguna yang ingin mengakses dari mana saja dan kapan saja informasi dan data baik yang bekerja dari rumah (telecommuters) atau para pekerja dari luar kantornya
misalnya di cafe-cafe atau di jaringan publik lainnya.
Saat ini banyak sekali dijumpai dipasaran perangkat-perangkat yang telah mendukung komunikasi secara wireless atau nirkabel atau sering disebut Wireless Fidelity (Wi-Fi) adalah standar yang dibuat oleh sebuah konsorsium perusahaan-perusahaan produsen peranti LAN dan W-LAN, Wireless Ethernet Communications Alliance untuk mempromosikan kompatibilitas perangkat 802.11. Ditambah dengan perkembangan dari perangkat Wi-Fi (notebook, PC) dan gadget (ex : PDA, Smart Phone, etc.) yang saat ini menjadi keharusan setiap vendor perangkat tersebut untuk mengintegratedkan
Wi-Fi enabled didalamnya.
HotSpot adalah definisi untuk daerah yang dilayani dengan coverage area tertentu oleh satu layanan akses yang biasa disebut Access Point (AP) Wireless LAN yang menggunakan suatu standar 802.11 a/b/g, dimana pengguna dapat masuk ke dalam Access Point secara bebas dan mobile menggunakan perangkat sejenis notebook, PDA atau lainnya. Koneksi bisa berupa koneksi ke internet, ke server, sharing file, sharing perangkat dan sebagainya seperti layaknya menggunakan media kabel. Perangkat AP ini biasa yang dijual dipasaran berupa ”Box” seperti produk dari Linksys, D-Link, Senao, Netgear, Compex, dan lain-lain. Perangkat inilah yang berfungsi untukreceive dan trasmit dalam coverage area dalam lokasi tertentu.
2.6.5. Kelebihan Wi-Fi HotSpot
Ada beberapa kelebihan mengapa teknologi ini menjadi trend diantaranya ;
– Banyaknya disediakannya koneksi di tempat umum, seperti café, lobi hotel,
restoran, executive lounge bandara dll.
– User bisa bekerja secara mobile tanpa harus mencari plug koneksi
– Membuang kerumitan kabel dan membuat perusahaan bisa konsentrasi ke busines
processnya
– Transfer data bisa mencapai 11 mbps dengan troughput yang besar dan tergantung
standart yang digunakan
– Kompabilitas dengan banyak devices yang sudah terdapat Wi-Fi enabled
– Trend dan branding
2.6.6. Jaringan untuk Perusahaan/Organisasi
Dalam membangun jaringan komputer di perusahaan/ organisasi, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dalam hal-hal resource sharing, reliabilitas tinggi, lebih ekonomis, skalabilitas, dan media komunikasi.
Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. jadi source sharing adalah suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak.
Saving Money/ lebih ekonomis (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer.
Reliabilitas tinggi yaitu adanya sumber-sumber alternatif pengganti jika terjadi masalah pada salah satu perangkat dalam jaringan, artinya karena perangkat yang digunakan lebih dari satu jika salah satu perangkat mengalami masalah, maka perangkat yang lain dapat menggantikannya.
Skalabilitas yaitu kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor. Pada komputer mainframe yang tersentralisasi, jika sistem sudah jenuh, maka komputer harus diganti dengan komputer yang mempunyai kemampuan lebih besar. Hal ini membutuhkan biaya yang sangat besar dan dapat menyebabkan gangguan terhadap kontinyuitas kerja para pemakai.
Sebagai media komunikasi yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh. Dengan menggunakan jaringan, dua orang atau lebih yang tinggal berjauhan akan lebih mudah bekerja sama dalam menyusun laporan.
2.6.7. Jaringan untuk Umum
Apa yang telah diulas di atas bahwa minat untuk membangun jaringan komputer semata-mata hanya didasarkan pada alasan ekonomi dan teknologi saja. Bila komputer mainframe yang besar dan baik dapat diperoleh dengan harga murah, maka akan banyak perusahaan/organisasi yang menggunakannya.
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan seperti apa yang telah diulas di atas. Terdapat tiga hal pokok yang mejadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:
1. Access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info e-goverment, e-commerce atau e-business, semuanya up to date).
2. Komunikasi person to person (seperti e-mail, chatting, video conferene dll).
3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu, dll).
2.6.8. Karakteristik LAN, WAN, dan MAN
a. Karakteristik LAN :
• Ruang lingkup geografis terbatas (sampai 10 km).
• Transfer data kecepatan tinggi, bergantung pada jenis komponen yang digunakan, berkisar 10 Megabyte per detik sampai dengan 1 Gigabyte per detik.
• Koneksi terus-menerus ke servis local
• Umumnya lebih murah dari jaringan WAN
• Kable adalah media transmisi utama.
• Berlokasi pada satu gedung ataupun satu departemen.
• Kepemilikan dan pengoperasian oleh perusahaan yang bersangkutan.
• Tidak menggunakan fasilitas perusahaan telekomunikasi umum atau Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
• Terdiri atas beragam komputer dan periferal pendukung.
• Dikendalikan/dilayani oleh suatu komputer pusat yang di sebut Server.
b. Karakteristik WAN :
• Terhubung ke peralatan yang tersebar ke area geografik yang luas
• Menggunakan jalur layanan umum, misalnya perusahaan telekomunikasi. PT. Telkom, PT. Indosat, PT. Excelcomindo dan lain-lain untuk membentuk jaringan di dalan area geografik tersebut.
• Menggunakan koneksi serial untuk akses bandwidth di seluruh area geografik tersebut.
• Menghubungkan peralatan pada tempat yang berjauhan (area luas)
• Menggunakan layanan dengan menyewa, seperti: RBOCs (Perusahan opeasi regional Bell – Regional Bell Operating Company’s), Sprint, MCI, and VPM Internet Services, Inc. untuk membangun koneksi antar situs
• Menggunakan koneksi serial dari berbagai jenis untuk mengakses pita lebar dalam lokasi yang berjauhan (luas).
• Bekerja pada layer fisik dan layer datalink dari OSI model
• Melakukan pertukaran paket data dan frames antara ruter dan switch dan LAN yang telah dibangun.

c. Karakteristik MAN :
• Jaringan yang menghubungkan LAN-LAN yang berada dalam satu kota.
• Hubungan antar LAN menggunakan jaringan telepon lokal.
• Bersifat individual user
• Protokol yang digunakan: X.25, Frame Relay, Asynchronous Transfer Mode (ATM), ISDN (Integrated Services Digital Network), Dedicated T¬1/Fractional T¬1, ADSL (Asymmetrical Digital Subscriber Line), XDSL
• Hubungan antar lokal area network di suatu kota atau melalui suatu kampus.
• MAN Bisa disebut juga sebagai extention dari LANs
• Umumnya digunakan untuk mengirim trafic pembicaraan dan data
• Terdapat dua standard Yaitu FDDI II ( Fibre Distribution Data Interface) dan IEEE 802.6 ( Institution of Electrical and Electronic Engineers, USA)
Kecepatan bisa 100 MBps dan 150 MBps.
Dalam sistem komunikasi data dikenal beberapa macam perangkat keras :
a. Terminal
Merupakan alat yang melayani proses I/O, jadi merupakan penghubung antara manusia dengan mesin. Pemilihan terminal ditentukan oeh kebutuhan pada saat ini dan melihat perkembangan di masa datang.
b. Komputer
Komputer atau prosesor yang dibutuhkan untuk sistem komunikasi data aak berbeda dengan prosesor untuk pengolah data. Banyak komputer dapat melayani kegiatan komunikasi data, asal saja perangkat keras dapat mengambil alih tugas yang kurang dapat dikerjakan secara efisien oleh prosesor tsb. Kebutuhan utama prosesor pada komunikasi data ialah mengolah data yang datang secara cepat dalam sistem real-time.
c. Transmission Lines
Supaya data dapat diterima oleh penerima diperlukan suatu media untuk membawa data tersebut. Medium tersebut dinamakan Saluran Transmisi (transmission lines).
Pada dasarnya sistem transmisi dapat membawa data secara listrik atau elektro optik dan melalui satu kanal telekomunikasi. Kanal telekomunikasi merupakan saluran yang dipergunakan untuk membawa data dari sumber ke penerima.
d. Modem
Singkatan dari Modulator – DEModulator, sesuai dengan fungsinya yaitu melakukan modulasi (merubah pulsa biner menjadi sinyal analog) dan demodulasi. Dalam komunikasi data selalu diperlukan sepasang modem yang masing-masing dipasang di pemancar dan penerima.
e. Multiplexer
Penggabungan 2 sinyal atau lebih untuk disalurkan ke satu saluran komunikasi, sehingga terjadi efisiensi penggunaan saluran komunikasi.
f. Concentrator
Merupakan antar muka sejumlah terminal dengan saluran ke komputer pusat. Digunakan sebagai pengganti ataupun bersama-sama dengan multiplexer. Data yang diterima dikumpulkan dalam jumlah tertentu, baru kemudian disalurkan secara bersamaan ke tujuan. Sehingga Concentrator dapat membebaskan saluran komunikasi dari lalu lintas yag tidak bermanfaat, dan membebaskan komputer dari semua kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran berita tanpa salah (error free messages).

BAB III
PENUTUP

3.1. KESIMPULAN
Operating System atau OS) adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1. Mekanisme Boot
2. Kernel
3. Command Interpreter atau shell
4. Pustaka-pustaka
5.Driver
Aplikasi dan Software Untuk Computer yang Terhubung Internet:
1. Internet browser
2. Plugins, players and runtime environments
3. Downloader
4. File Archivers
5. Sistem Tweak and Optimasi Peralatan
6. Security/ anti virus
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung.
Ciri-ciri jaringan komputer:
1. Berbagi perangkat keras (hardware).
2. Berbagi perangkat lunak (software).
3. Berbagi saluran komunikasi (internet).
4. Berbagi data dengan mudah.
5. Memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.

3.2. SARAN
Agar tidak tertinggal dengan trend perkembangan teknologi hardware dan software maka kita harus selalu mencari informasi mengenai perkembangan teknologi hardware dan software yang telah berkembang sedemikian pesatnya.Internet haruslah kita manfaatkan sebaik mungkin untuk hal-hal yang memang berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.lapanrs.com/IGORS/
http://www.igos.web.id/link
http://scriptintermedia.com/view.php?id=765&jenis=ITNews
http://ilkom.unsri.ac.id/dfiles/materi/internet/hotspot_STV.pdf.
http://wa1.web.id/?q=node/6
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
http://digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/elkt/2004/jiunkpe-ns-s1-2004-23400099-4758-kontrol-appendices.pdf.
http://www.mikroskil.ac.id/~poiwong/Basdat/Sesi_2_Pemodelan_Data.ppt
http://www.d60pc.com/2008/11/10/aplikasi-dan-software-untuk-computer-yang-terhubung-internet
http://digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/info/2003/jiunkpe-ns-s1-2003-26499011-1530-aplikasi%20penjualan-chapter1.pdf.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Juni 2009
S S R K J S M
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: