SISTEM KOMPUTER

Juni 6, 2009 ikacuby

Sebuah sistem komputer tersusun atas 3 (tiga) elemen, yaitu:
a. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen
utama, yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device. Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan). Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM.
Karakteristik dari memori primer adalah:
– Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
– Kecepatan tinggi
– Akses random (acak)
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen.
Karakteristik dari memori sekunder adalah:
– Non volatil atau persisten
– Kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
– Akses random atau sekuensial
Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.
3. Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
– Keyboard
– Mouse
– Touch screen
– Scanner
– Camera
– Modem
– Network card, dll.
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti keluaran:
– Monitor
– Printer
– Speaker
– Plotter
– Modem
– Network card, dll.

b. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
2. Program Utilities, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas: Norton Utilities, Partition Magic, McAfee, dll.
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh: aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
– Pengolah kata / editor naskah: Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
– Pengolah angka / lembar kerja: Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
– Presentasi: MS PowerPoint, dll
– Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, dll
5. Penerjemah Bahasa Pemrograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Contoh bahasa tingkat tinggi: Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
c. Brainware (SDM)
Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah:
1. Analis Sistem
2. Programmer
3. Operator,
4. Teknisi,

Pemrosesan data :
Semua data dan program yang akan diproses oleh komputer, pertama kali dimasukkan ke dalam memory komputer melalui peralatan masukan ( Input Devices ). Unit kontrok ( Control Unit ) akan menterjemahkan program yang ada di memory dan digunakan untuk mengontrol atau mengkoordinasikan operasi dari semua komponen komputer. Data dalam memory dimanipulasi dengan menggunakan Arithmetic Logic Unit (ALU), dan hasilnya disimpan kembali ke dalam media penyimpanan dengan menggunakan peralatan keluaran ( Output Devices ).
2. Beberapa teknologi input data :
a. magnetic card adalah sebuah kartu yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan data pada sebuah magnetic stripe yang berada di bagian belakangnya. Magnetic stripe bisa dibaca berdasarkan kontak antara sebuah head baca yang berada di dalam Card reader, dan biasanya industri perbankan menggunakan kartu magnetic stripe sebagai kartu ATM atau kartu kredit.
Magnetic encoder adalah alat untukmengecode/memasukkan data ke magnetic stripe yang ada pada Id Card, Kartu ATM, kartu kreditKartu Parkir, Bank Pass Book, Tiket dll.
b. kode batang (atau barcode) adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai kode batang.
Penggunaan awal kode batang adalah untuk mengotomatiskan sistem pemeriksaan di swalayan, tugas dimana mereka semua menjadi universal saat ini. Penggunaannya telah menyebar ke berbagai kegunaan lain juga, tugas yang secara umum disebut sebagai Auto ID Data Capture (AIDC). Sistem terbaru, seperti RFID, berusaha sejajar di pasaran AIDS, tapi kesederhanaan, universalitas dan harga rendah kode batang telah membatasi peran sistem-sistem baru ini.
Kode batang dapat dibaca oleh pemindai optik yang disebut pembaca kode batang atau dipindai dari sebuah gambar oleh perangkat lunak khusus. Di Jepang, kebanyakan telepon genggam memiliki perangkat lunak pemindai untuk kode 2D, dan perangkat sejenis tersedia melalui platform smartphone.
c. Kartu pintar (Inggris smart card) adalah sebuah kartu yang telah dipendam sirkuit terpadu. Meskipun banyak kegunaannnya, namun ada dua pembagian dasar dari kartu ini, yaitu kartu memori dan kartu dengan mikroprosesor. Smart card dapat dianalogikan sebagai “credit card” yang memiliki “kecerdasan” didalamnya dalam bentuk chip komputer. Chip kecil tersebut dapat deprogram untuk menangani fungsi-fungsi btertentu maupun untuk menyimpan informasi.

Smart card digunakan karena
menguntungkan dalam hal :
• Kehandalan dibandingkan dengan magnetic card
• Kemampuan menyimpan informasi ratusan kali lebih banyak dibandingkan dengan magnetic card
• Lebih sulit untuk dipalsukan dibandingkan dengan Magnetic Card
• Dapat dijual atas digunakan kembali
• Dapat dimanfaatkan dalam berbagai fungsi di berbagai aplikasi industri
• Kompatibel dengan peralatan-peralatan elektronik seperti handphone, personal digital assistant
(PDA), dan PC
• Perkembangannya relatif lambat

Di seluruh dunia, terdapat lima buah aplikasi smart card yang paling banyak digunakan saat ini yaitu :
1. public telephony—prepaid phone memory card menggunakan contact technology
2. mobile telephony—mobile phone terminal yang menampilkan indentitas subscriber dan directory service
3. Perbankan—debit/credit payment card dan electronic purse
4. loyalty—Penyimpanan loyalty point dalam industri retail dan gas
5. pay-TV—access key ke layanan siaran TV melalui digital set-top box
Contoh kegunaan kartu ini yang paling banyak adalah untuk sistem pembayaran elektronik, ATM, dan dalam kartu SIM.
d. RFID (bahasa Inggris: Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.
Rencana bisnis pertama yang diajukan kepada para investor di tahun 1969 menampilkan penggunaan teknologi ini di bidang transportasi (identifikasi kendaraan otomotif, sistem pembayaran tol otomatis, plat nomor elektronik, manifest [daftar barang] elektronik, pendata rute kendaraan, pengawas kelaikan kendaraan), bidang perbankan (buku cek elektronik, kartu kredit elektronik), bidang keamanan (tanda pengenal pegawai, pintu gerbang otomatis, pengawas akses) dan bidang kesehatan (identifikasi dan sejarah medis pasien).
3. Sistem Operasi,
terdiri dari sekumpulan program untuk suatu resources (memori). Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam Ilmu komputer, sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem operasi, dan pengguna. Pada suatu sistem komputer, sistem operasi begfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras yang digunakan dalam berbagai program aplikasi dan beberapa pengguna.
Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, artinya sistem operasi membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program komputer secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumberdaya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumberdaya.

Sistem Operasi di Tinjau dari Resource Manager.
1. Processor Management (Pengelolaan Prosesor)
2. Memory Management (Pengelolaan Memori)
3. Device Management (Pengelolaan Device)
4. Information Management (Pengelolaan Informasi)

Pelayanan Sistem Operasi.
1. Program Execution (program pelaksana)
Untuk memungkinkan proses loading (pemasukan program dan data) ke dalam memori dan dijalankan (Running), sehingga programmer cukup mudah untuk menjalankan.
2. Input – Output Operation
Digunakan untuk menjalankan program dengan bantuan I/O Device, seperti:
– Request Device ( pemintaan peralatan)
– Release Device ( Mengeluarkan peralatan)
– Read (Baca)
– Write (Tulis)
3. Manipulasi System File
Untuk memudahkan programmer, pemakai/user untuk bekerja, seperti;
– Create – Delete
– Open – Close
– Up-date
4. Error Detection (deteksi kesalahan)
Untuk pelacakan, mencari kesalahan terdapat terjadi di dalam Prosesor atau Memori
5. Allocation Resource (Alokasi memori)
Digunakan pd saat terdapat banyak program/Job yang hrs diselesaikan pd saat yang bersamaan, shg diperlukan adanya alokasi/penjatahan resource untuk setiap program/job tersebut.
6. Protection( perlindungan)
Untuk perlindungan data/informasi, yg terdapat dlm memori agar masing2 tdk saling mempengaruhi program dan data, walaupun berlainan.
Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, dan sebagainya.

4. Database dan DataBase Management Systems (DBMS)
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Sstem manajemen basis data (database management system, DBMS) adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data
Perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi (high level):
• DB2
• Microsoft SQL Server
• Oracle
• Sybase
• Interbase
• XBase
• Firebird
• MySQL
• Microsoft Access

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Juni 2009
S S R K J S M
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: